Pages

Sabtu, 25 Juli 2015

Bahaya Penyakit Keputihan

Bahaya Penyakit Keputihan
Penyakit keputihan yang tidak dirawat akan mengundang kepada pelbagai komplikasi yang berbahaya. Penyakit keputihan yang tidak ditangani, bukan saja berpotensi untuk menyebabkan kemandulan dan kehamilan di luar rahim, tetapi bisa menyebabkan penyakit kanker rahim yang mengakibatkan kematian. Penyakit keputihan yang dibiarkan dalam waktu yang lama lebih sukar untuk ditangani. Hal ini disebabkan karena terjadinya penambahan infeksi oleh bakteri terhadap antibiotik atau antifungal.
Masalah penyakit keputihan yang kronik pada kemaluan bisa menular ke bagian rongga rahim (uterus) dan kemudian ke saluran pengeluaran telur (Fallopian tiub). Jangkitan kronik ini bisa menyebabkan kandungan terbentuk di luar rahim dan pendarahan yang bisa mengakibatkan kematian ibu dan bayi.
Wanita yang mempunyai system daya tahan tubuh yang rendah, penyakit keputihan yang tadinya dianggap biasa bisa menjadi serius dan mengancam nyawa. Infeksi yang bermula hanya pada bagian kemaluan bisa menjalar kepada kondisi infeksi sekunder di mana kuman tersebut memasuki saluran darah akibat kebiasaan menggaruk yang menghasilkan luka. Gejala ini dikenali sebagai kandidiasis invasif yang sangat berbahaya dan memerlukan rawatan rutin.


Cara mencegah Penyakit Keputihan
Mencegah adalah tindakan yang lebih baik daripada mengobati. Pengetahuan dan kesedaran mengenai cara-cara menghindari penyakit keputihan sangat penting diketahui kaum wanita agar gaya hidup yang sehat dapat diterapkan. Sebagai langkah pencegahan daripada penyakit keputihan, berikut adalah tips yang bisa dilakukan oleh para wanita :

  1. Sentiasa memastikan bahagian kemaluan selalu berada dalam keadaan bersih dan kering. 
  2. Hindari penggunaan pembersih kemaluan yang menganggu kestabilan PH atau menyebabkan kegatalan.
  3. Rajin mengganti pakaian dalam atau pembalut ketika masa menstruasi (haid).
  4. Gunakan panty liner sesuai kebutuhan saja. 
  5. Hindari juga pemakaian pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari kain satin.
  6. Hati - hati menggunakan produk wangian seperti bedak atau obat semprot pada bahagian kemaluan.
  7.  Hindari penggunaan obat secara terus-menerus tanpa konsultasi dokter.
  8. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gula yang tinggi.
  9. Terapkan pola hidup sehat dengan menghindari aktivitas seks diluar batas kewajaran atau melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu seorang.
  10. Hati - hati dengan penggunaan peralatan pada kemaluan seperti kondom yang tertinggal sesudah melakukan hubungan seks. Jaga selalu kebersihannya.
  11. Basuh kemaluan dengan benar menggunakan air yang bersih sehabis melakukan hubungan seks atau buang air.
  12. Segera lakukan pemeriksaan vagina kepada dokter jika terdapat tanda-tanda yang dinyatakan di atas.
  13. Lakukan hal - hal positif dan hindari stress dengan melakukan kegiatan yang disukai, seperti berlibur, dsb
Penyakit keputihan merupakan suatu masalah klasik yang dialami oleh semua wanita. Namun, gejala dan komplikasi penyakit tersebut adalah berbeda tiap - tiap individunya tergantung kepada kondisi kesehatan masing - masing individu. Jenis keputihan fisiologis yang kerap terjadi pada wanita yang sehat merupakan gejala yang normal dan akan pulih secara alami. Sebaliknya, keputihan patologik dikategorikan sebagai penyakit yang lebih rumit dan perlu penanganan segera. Gejala keputihan patologik disebabkan oleh pelbagai faktor luar dan dalam yang meliputi faktor kebersihan diri, kestabilan hormon dalam darah, faktor kesehatan dan gaya hidup yang sehat.
Mikroorgamisme, bakteria atau kulat merupakan penyebab utama terjadinya keluhan pada vagina. Ciri-ciri klinis yang dirasakan pada setiap individu akan berbeda-beda tergantung kepada jenis kuman yang menyerang pada tubuhnya. Namun jika gejala ini kita acuhkan, maka bisa berpotensi untuk menuju kondisi  yang lebih kronik seperti kanker rahim. Wanita yang hamil mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mendapat penyakit keputihan disebabkan oleh rembesan hormon pembiakan yang tinggi dalam badan.
Kebanyakan wanita tidak memiliki kesadaran sewajarnya terhadap penyakit keputihan karena menganggap ia sebagai suatu hal biasa  yang dialami dalam kehidupan sehari - hari. Banyak wanita yang akhirnya menyesal kemudian ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi padanya. Adalah penting kepada kaum wanita untuk sentiasa menerapkan cara hidup yang sehat dan terbebas daripada penyebab terjadinya infeksi pada Vagina demi kehidupan yang lebih baik. 





ATASI DENGAN PENGGUNAAN FIRMAX CREAM
ORDER DI 0812 8207 0828 WA / BBM 2BBB0C8C

0 komentar:

Posting Komentar